Sabtu, 06 Juni 2015

Manfaat Daun Bayam Bagi Kesehatan

 Apakah anda penggemar film kartun Popeye?. Jika benar mungkin anda tahu makanan kesukaan sekaligus yang membuat Popeye menjadi kuat. Makanan tersebut adalah bayam yang diolah menjadi makanan kaleng. Nah pada artikel kali ini juga akan dibahas mengenai manfaat bayam untuk kesehatan. Apa saja ya manfaat bayam untuk kesehatan?. Supaya tidak bertanya-tanya simaklah artikel di bawah ini.

Manfaat Daun Bayam Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Bayam Bagi Kesehatan
 Bayam merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari sehingga mudah sekali mendapatkannya. Bayam dikonsumsi pada umumnya dengan cara dibuat sayur atau ditumis. Selain itu bayam juga sering diolah menjadi gorengan atau campuran bakwan. Apapun olahannya semua bisa bermanfaat bagi kesehatan.

 Meskipun bayam banyak tumbuh subur di Negara kita, namun sebenarnya bayam merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Negara Amerika. Bayam sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti bayam merah, bayam duri dan yang lainnya. Nama ilmiah tanaman bayam adalah amarnthus spp.. Sementara itu zat yang terkandung dalam bayam yang sangat diperlukan oleh tubuh antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K, zat besi, serat, kalori, kalium, magnesium, asam folat, kalsium, flavonoid.

 Inilah manfaat bayam bagi kesehatan tubuh 

1. Menjadikan Mata Sehat
 Mata adalah bagian dari indera kita yang mempunya fungsi sebagai indera penglihatan. Fungsi mata sebagai indera penglihatan tidak selamanya normal namun bisa terjadi gangguan yang menyerang bagian-bagian mata. Agar mata tetap terjaga dengan baik sehingga fungsinya sebagai indera penglihatan tetap normal cobalah konsumsi bayam secara rutin atau jadikan bayam sebagai bagian dari menu sehari-hari. Bayam memiliki vitamin A yang sangat tinggi yang sangat diperlukan sekali oleh mata.

2. Menyehatkan Tulang
 Tulang merupakan penopang tubuh. Jika tulang mengalami masalah bukan tidak mungkin tubuh menjadi tidak berdiri seperti biasanya atau abnormal. Oleh karena itu jagalah kesehatan tulang sejak dini supaya tulang tetap menjadi penopang tubuh yang kuat. Untuk menjaga kesehatan tulang, perlu asupan zat besi yang cukup sehingga tulang terhindar dari berbagai penyakit. Zat besi bisa didapat dengan mengonsumsi bayam secara teratur, karena bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi.

3. Baik Untuk Otak
 Selain otot, otak juga setiap harinya sering digunakan secara keras seperti untuk berfikir. Jika otak sering dipakai dengan keras bukan tidak mungkin otak mengalami kecapaean atau mengalami gangguan. Agar otak tetap bekerja secara normal konsumsilah bayam secara rutin. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin mampu menjadikan otak tetap sehat meski digunakan terus menerus karena bayam mengandung berbagai zat yang diperlukan oleh otak seperti vitamin K.

 Mengonsumsi sayur bayam ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Oleh karena itu sering-seringlah mengonsumsi bayam baik itu dimakan sebagai lalapan atau disayur. Semoga artikel tentang Manfaat Daun Bayam ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar