Kamis, 28 Mei 2015

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

 Sekarang banyak sekali orang yang membudidayakan buah papaya untuk dijual. Hal ini dikarenakan buah papaya menjadi salah satu komoditi yang memiliki pasar sangat baik serta banyak dicari. Buah papaya ini dijual untuk dikonsumsi maupun untuk diolah menjadi bahan-bahan obat atau untuk bahan kecantikan.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan
 Pepaya merupakan tumbuhan yang berasalah dari benua Amerika tepatnya adalah dari Meksiko. Buah ini kemudian menyebar ke berbagai Negara hingga sampai ke Indonesia. Pepaya merupakan tumbuhan dari keluarga caricaceae dan memiliki nama ilmiah carica papaya L.

 Buah papaya jika di daerah sunda disebut dengan gedang dan di jawa disebut kates. Pohonnya tumbuh tegak dan berongga. Daunnya sendiri adalah daun tunggal serta bercangkap dengan warna hijau saat masih muda serta akan menguning jika sudah tua dan akan gugur. Buah papaya pada umumnya memiliki bentuk lonjong panjang meskipun ada yang berbentuk agak bulat. Jika masih muda warna kulit buah papaya adalah hijau sedangkan saat sudah matang akan berubah menjadi warna kuning atau kuning kemerah-merahan.

 Buah papaya memiliki rasa yang manis sehingga banyak sekali digemari. Selain itu buah papaya juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan karena banyak mengandung zat yang baik bagi kesehatan tubuh seperti vitamin, mineral serta zat papain.

 Manfaat buah papaya bagi kesehatan tubuh antara lain 

1. Baik Bagi Mata
 Mata merupakan indera yang mempunyai fungsi sebagai indera penglihatan. Dengan mata kita akan mengetahui berbagai hal baik itu warna, orang, pemandangan atau yang lainnya. Untuk itu mata harus tetap terjaga kesehatannya karena jika mata mengalami masalah akan bermasalah sekali apalagi jika sampai mengalami kebutaan. Agar mata tetap terjaga kesehatannya cobalah mengonsumsi buah pepaya secara rutin. Kandungan vitamin A dalam buah pepaya akan menjadikan mata tetap sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit mata.

2. Baik Untuk Kulit
 Kulit adalah bagian terluar dari anggota tubuh. Kulit juga sebagai bagian dari indera kita yaitu sebagai indera peraba. Selain itu kulit merupakan pelindung terluar dari tubuh sehingga kulit sangat rentan sekali terkena berbagai penyakit. Untuk itu diperlukan asupan yang baik untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Untuk menjadikan kulit tetap terjaga kesehatannya konsumsilah buah papaya. Buah papaya ini mengandung vitamin C dan E yang sangat diperlukan untuk menyehatkan dan menjaga kesehatan kulit.

3. Baik Bagi Pencernaan
 Buah papaya juga mempunyai manfaat yang baik untuk pencernaan. Serat yang terdapat dalam buah papaya mampu melancarkan sitem pencernaan sehingga pencernaan menjadi normal. Selain itu buah papaya juga mengandung zat papain yang mampu membunuh parasite yang mengganggu proses pencernaan pada bagian usus. Agar sistem pencernaan dapat berjalan dengan lancer, konsumsilah buah papaya secara rutin.

 Demikian artikel yang bisa disampaikan mengenai manfaat buah papaya bagi kesehatan tubuh. Baca juga artikel tentang manfaat daun papaya bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar