Rabu, 27 Mei 2015

Apa Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan?

Daun salam merupakan salah satu bumbu masakan yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan. Hal itu diakibatkan karena dalam daun salam terkandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan. Zat-zat tersebut yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, serat, karbohidrat, kalori serta berbagai kandungan mineral. Pemanfaatan daun salam bagi kesehatan pada umumnya diramu dengan cara direbus untuk diambil airnya ataupun ditumbuk.

Manfaat Daun Salam
Manfaat Daun Salam
 Berbagai penyakit mulai dari yang ringan sampai berat bsa diatasi menggunakan ramuan dari daun salam. Daun salam ini mempunyai sifat yang khas yang berbeda dengan bumbu masakan lainnya. Selain itu daun salam ini sudah dimanfaatkan sejak dulu untuk kesehatan.

 Berikut beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh

1. Obat Radang Tenggorokan
 Manfaat yang pertama dari daun salam bagi kesehatan adalah mampu mengatasi masalah radang tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya terjadi karena serangan virus atau bakteri yang masuk bersama makanan atau udara. Gejala dari radang tenggorokan diantaranya sakit saat menelan atau suara menjadi parau. Untuk mengatasi masalah radang pada tenggorokan cobalah menggunakan ramuan dari daun salam. Ramuan dari daun salam ini diyakini mampu mengatasi radang tenggorokan secara efektif. Rebuslah daun salam sebanyak 20 lembar dengan 4 gelas air. Biarkan sampai air rebusannya sampai mendidih. Setelah itu angkat, saring dan biarkan dingin atau sampai hangat. Minumlah ramuan daun salam tersebut secara rutin dan teratur sampai radang tenggorokannya sembuh secara maksimal.

2. Mencegah Penyakit Jantung
 Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit yang ditakuti dan berbahaya. Penyakit jantung ini terkadang menyerang secara tiba-tiba dan bila tidak segera diatasi bisa berakibat kematian. Untuk itu jagalah kesehatan jantung sehingga terhindar dari penyakit jantung yang sangat ditakuti tersebut. Agar penyakit jantung bisa dicegah, cukup dengan memanfaatkan daun salam sebagai obat tradisional. Kandungan dalam daun salam ini akan menjadi asupan yang baik bagi jantung sehingga menjadikan jantung tetap sehat dan tentunya terhindar dari penyakit jantung. Cara pemanfaatannya cukup mudah yaitu seringlah masak yang mencampurkan daun salam sebagai bumbu pelengkapnya.

3. Obat Asam Urat
 Manfaat selanjutnya dari daun salam adalah sebagai obat mujarab mengatasi asam urat. Asam urat memang merupakan penyakit yang sangat menganggu sekali. Badan menjadi kurang maksimal dalam beraktivitas karena adanya gangguan dari penyakit asam urat. Sembuhkanlah penyakit asam urat tersebut dengan menggunakan ramuan dari daun salam. Kandungan vitamn C serta vitamin B kompleks dalam daun salam dapat menjadi asupan yang baik untuk mengatasi penyakit asam urat. Siapkan daun salam yang sudah kering secukupnya kemudian direbus dengan air sebanyak kurang lebih 1000 cc. Jika air rebusan daun salam tersebut kira-kira tinggal 600 cc kemudian angkat dan saring. Minumlah ramuan dari daun salam tersebut 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari secara rutin dan teratur sampai penyakit asam uratnya sembuh.

 Semoga artikel kali ini tentang Manfaat Daun Salam bermanfaat. Kunjungi juga artikel menarik lainnya tentang Manfaat Daun Sirsak bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar