Kamis, 21 Mei 2015

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak

Mungkin anda sudah tidak asing lagi akan manfaat yang luar biasa dari daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Karena pemanfaatan daun sirsak ini sudah ada sejak zaman dahulu dan terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun sebelum menginjak lebih jauh tentang manfaat dari daun sirsak tersebut, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang daun sirsak tersebut.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak
Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak

  Daun sirsak merupakan salah satu obat tradisional yang banyak dimanfaatkan karena mampu mengatasi berbagai penyakit. Daun sirsak ini memiliki bentuk dengan ujung agak lonjong serta pangkalnya mengerucut dan tumbuh dari ranting atau batang. Warna daun sirsak sendiri adalah hijau. Dalam daun sirsak ini terkandung berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh sehingga daun sirsak ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Zat tersebut antara lain annomurine, reticuline, minyak esensial, acetogenin, higenamine, loreximine, coclaurine.


1. Mengatasi Wasir
 Wasir adalah suatu penyakit dimana terjadinya gangguan pada anus yaitu berupa timbulnya benjolan. Wasir ini jika dibiarkan dapat membuat si penderita mengalami rasa sakit yang luar biasa bahkan akan mengeluarkan darah. Untuk itu segera atasi masalah wasir tersebut menggunakan ramuan dari daun sirsak. Rebuslah beberapa lembar daun sirsak dengan air secukupnya sampai mendidih. Setelah itu saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur sampai masalah wasir dapat teratasi secara maksimal.

2. Mencegah Kanker
 Daun sirsak juga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mencegah penyakit kanker. Semua tahu bahwa penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang tergolong berbahaya dan ditakuti. Untuk itu, cegahlah penyakit kanker tersebut sedini mungkin dengan menggunakan ramuan dari daun sirsak. Cuci bersih daun sirsak 10 lembar. Kemudian daun sirsak tersebut direbus dengan air sebanyak 4 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring dan biarkan dingin. Minumlah ramuan rebusan daun sirsak tersebut secara rutin dan teratur yaitu dalam 1 minggu minum 2 kali.

3. Obat Rematik
 Untuk mengatasi masalah rematik menggunakan daun sirsak bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu :
 - Tumbuk halus beberapa lembar daun sirsak kemudian tempelkan pada bagian tubuh secara merata.
 - Ambil beberapa lembar daun sirsak yang sudah tua kemudian dicuci bersih. Setelah itu daun sirsak tersebut direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Saring dan setelah dingin air rebusan daun sirsak tersebut diminum secara rutin dan teratur.

4. Obat Asam Urat
 Pertama-tama daun sirsak dicuci bersih. Setelah itu daun sirsak tersebut dipotong potong terlebih dahulu kemudian direbus dengan air sebanyak 3 gelas. Setelah air rebusan daun sirsak tersebut tinggal 1 gelas, lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur pada pagi dan malam hari.

 Daun sirsak memang sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai masalah penyakit. Oleh karena itu jika mengalami masalah seperti yang telah dijelaskan diatas, coba atasi menggunakan ramuan daun sirsak dengan cara yang telah dijelaskan. Semoga artikel tentang Manfaat Daun Sirsak ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar