Jumat, 24 April 2015

7 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Mengatasi Jerawat, Melembabkan Kulit, Mencegah Penuaan Dini, Mengatasi Hipertensi, Antioksidan, Obat sariawan.

7 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
7 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
 Meskipun buah semangka bukan merupakan buah asli Negara kita, namun banyak sekali orang yang menanam buah semangka sebagai salah satu komoditi yang menjanjikan. Buah ini memiliki daya jual yang tinggi karena banyak digemari. Rasa yang khas serta menyegarkan merupakan salah satu faktor yang membuat buah ini banyak digemari.

 Buah semangka ini pada awalnya ditemukan di benua Afrika tepatnya Afrika bagian selatan. Buah semangka ini merupakan buah dari suku cucurbitaceae dengan nama ilmiahnya citrulus lanatus dan tumbuh secara merambat. Buah semangka memiliki kulit berwarna hijau dengan bercorak pekat serta dagingnya berwarna merah atau kuning.

 Buah ini sangat menyegarkan dan bisa menjadi suplai cairan tubuh tang baik karena mengandung kadar air yang sangat tinggi. Selain kandungan air, buah semangka juga mengandung betakaroten, gula, vitamin B1, vitamin A, , vitamin C, Vitamin B5, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B9, magnesium, vitamin B6, kalsium, gula, serat, zat besi, lemak, fosfor, karbohidrat, seng, protein, kalium, dan energi. Oleh karena itu buah semangka sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

1. Melembabkan Kulit
 Manfaat buah semangka bagi kecantikan yaitu mampu melembabkan kulit. Jika ingin kulit tetap lembab atau mengatasi kulit kering konsumsilah buah semangka secara rutin dan teratur baik itu dibuat jus atau dimakan secara langsung. Kedua cara tersebut sama baiknya untuk melembabkan dan menjaga kelembaban kulit. Buah semangka mempunyai kandungan air yang sangat tinggi sehingga buah semangka sangat baik untuk menjaga serta melembabkan kulit.

2. Menunda Penuaan Dini
 Banyak orang yang sering mengeluh karena terjadinya penuaan dini. Umurnya masih muda namun terlihat tua karena kulit menjadi keriput, kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya. Keadaan tersebut diakibatkan karena kulit kurang asupan nutrisi yang cukup. Untuk menjaga dari penuaan dini buah semangka bisa menjadi salah satu konsumsi buah yang baik. Berbagai nutrisi yang diperlukan kulit banyak terkandung dengan kadar yang cukup tinggi dalam buah semangka. Untuk itu konsumsilah buah semangka secara rutin agar penuaan dini dapat dicegah.

3. Menetralkan Tekanan Darah
 Penyakit stroke atau darah tinggi faktor utamnya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi ini sangat berbahaya dan harus segera mungkin diatasi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Buah semangka mampu menetralkan tekanan darah ke posisi normal karena dalam buah semangka terkandung zat yang mampu menurunkan tekanan darah yaitu senyawa kateroid. Konsumsilah buah semangka secara rutin sehingga tekanan darah tetap normal dan terhindar dari penyakit yang mempunyai resiko tinggi.

4. Mengobati Sariawan
 Asupan vitamin C adalah salah satu faktor utama timbulnya penyakit sariawan yang sangat mengganggu. Jika kita makan-makanan yang pedas atau minum-minuman yang hangat maka akan sangat menyiksa sekali jika mengalami sariawan tersebut. Atasilah penyakit sariawan tersebut dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin. Kandungan vitamin C serta air dalam buah semangka akan mampu mengatasi penyakit sariawan secara efektif.

5. Baik Untuk Ginjal
 Manfaat buah semangka yang lainnya adalah sebagai buah yang baik bagi kesehatan ginjal. Mengonsumsi buah semangka secara rutin akan menjaga kesehatan ginjal karena mengandung kalium. Kalium ini akan membuang racun dalam tubuh dan membuangnya bersama sisa makanan.

6. Sebagai Antioksidan
 Lingkungan serta makanan yang kurang baik adalah salah satu faktor dari radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas ini dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker yang dapat membahayakan tubuh. Agar tubuh terhindar dari serangan radikal bebas diperlukan senyawa likopen yang cukup. Senyawa likopen ini akan menjadi antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas yang menyerang tubuh kapan saja. Buah semangka ternyata mengandung senyawa likopen yang cukup tinggi sehingga buah semangka bisa menjadi asupan yang baik sebagai antioksidan.

7. Mengobati Jerawat
 Jerawat adalah salah satu masalah yang sangat dihindari meskipun bukan penyakit yang berbahaya. Jerawat ini umumnya menyerang bagian wajah sehingga dapat membuat si penderita mengalami kurangnya rasa percaya diri. Atasilah masalah jerawat tersebut dengan menggunakan buah semangka. Caranya cukup gampang yaitu daging buah semangka dihaluskan lalu dibuat sebagai masker wajah. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur sampai jerawatnya hilang.

 Buah semangka mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Berbagai masalah kesehatan dan kecantikan ternayata bisa diatasi menggunakan buah semangka. Nah jika mengalami salah satu masalah kesehatan dan kecantikan cobalah atasi menggunakan buah semangka seperti yang telah dijelaskan diatas.

 Demikian artikel tentang Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Jika ada kekurangan atau ingin memberikan masukan silahkan pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar