Rabu, 29 April 2015

Manfaat Dan Kandungan Lidah Buaya

 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan, Menyehatkan Rambut, Menjadikan Kulit Tetap Sehat, Obat Diabetes.

Manfaat Dan Kandungan Lidah Buaya
Manfaat Dan Kandungan Lidah Buaya

  Lidah buaya merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah afrika. Tumbuhan ini memiliki daun yang tidak seperti daun pada umumnya yaitu seperti batang. Warna dari tumbuhan lidah buaya sendiri adalah hijau. Daun lidah buaya pinggirnya bergigi seperti layaknya lidah buaya sehingga dinamakan tanaman lidah buaya.


Pada umumnya tanaman ini sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut seperti menghitamkan rambut, mencegah kerontokan atau membuat rambut menjadi berkilau. Namun selain itu lidah buaya juga mempunayi manfaat lain yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit ternyata bisa diobati menggunakan tanaman lidah buaya ini. Lidah buaya bisa bermanfaat untuk berbagai penyakit karena mengandung berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat yang terkandung dalam lidah buaya antara lain vitamin A, vitamin C, zat besi, protein, kalori, air, kalsium, thiamin, niasin, riboflavin, lemak.

 Berikut Beberapa Manfaat Dari Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh 

1. Menyehatkan Rambut
 Manfaat yang satu ini memang bukan rahasia umum lagi. Lidah buaya sudah terbukti dan banyak digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Banyak sekali merk sampo yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan campurannya. Nah pemanfaatan lidah buaya secara tradisional bisa dilakukan sendiri di rumah dan caranya pun sangat gampang. Ambil batang lidah buaya sebanyak 3-4 batang. Setelah itu kupas untuk diambil dagingnya kemudian haluskan. Basahi rambut terlebih dahulu kemudian gosokan pada rambut sampai kulitnya secara merata sambil dipijat perlahan-lahan. Cara tersebut dilakukan sebelum tidur. Setelah merata tutup rambut tersebut menggunakan handuk atau sejenisnya. Pagi harinya cuci bersih menggunakan sampo. Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin dan teratur.

2. Obat Diabetes
 Manfaat lidah buaya bagi kesehatan selanjutnya adalah mengatasi penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Untuk itu turunkanlah kadar gula dalam darah tersebut menggunakan ramuan dari lidah buaya. Lidah buaya dipercaya mampu menjadi obat diabetes karena mengandung kandungan yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Ambilah 4 batang lidah biaya kemudian cuci bersih dan buang bagian durinya. Ptong menjadi beberapa bagian lalu direbus dengan air sebanyak 3-4 gelas. Jika air rebusan lidah buaya tinggal 1 gelas, angkat saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut sehari 3 kali secara teratur sampai kadar gula dalam darah turun.

3. Obat Luka
 Jika mengalami luka akibat tersayat pisau maupun terbakar dalam kapasitas kecil, coba atasi menggunakan ramuan dari lidah buaya. Lidah buaya mampu mengatasi luka tersebut karena lidah buaya memiliki sifat dingin. Ambil 2 batang lidah buaya yang sudah dicuci bersih kemudian kupas kulitnya. Daging lidah buaya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian luka secara merata. Ulangi cara tersebut jika ramuan lidah buaya sudah mengering.

 Lidah buaya sangat mudah ditemukan karena sering ditanam dipot untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Sehingga jika ingin memanfaatkan lidah buaya untuk kesehatan tidak perlu susah untuk mendapatkannya. Manfaatkanlah lidah buaya untuk kesehatan seperti yang telah dijelaskan diatas. Semoga artikel tentang Manfaat Lidah Buaya kali ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar